Pengaruh Merek, Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pembelian smartphone Oppo pada Puja Cell kabupaten Solok Selatan)

Authors

  • Vivi Silvina STIE "Kbp" Padang

Keywords:

Merek, Harga, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan pembelian merupakan suatu aksi atau tindakan yang dilakukan oleh calon konsumen dengan cara melakukan perbandingan antara beberapa produk atau jasa dan menentukan pilihan produk atau jasa mana yang mau dibelinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh merek, harga dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada counter Puja Cell di Kabupaten Solok Selatan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuisioner dan data sekunder berupa buku dan jurnal. Populasi yang digunakan adalah konsumen yang membeli smartphone Oppo pada counter Puja Cell di Kabupaten Solok Selatan pada tahun 2019 sebanyak 105 konsumen.yang dipilih menggunakan teknik non probability sampling dengan total sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 105 konsumen. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi , Bisnis & Entrepreneurship, 1(1), 31–48

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Valuta, 4(1), 71–85.

Moniharapon, S., Lapian, J., & Lotulung, S. C. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Wom (Word of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss Pada Cv.Tristar Jaya Globalindo Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 817–826. https://doi.org/10.35794/emba.v3i3.9614

Purbohastuti, A. W. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Mahasiswa D3 Marketing. 12(1), 53–75.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis (M. s. Sofia Yustiyani Suryandari, S.E. (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Tengor, G., Kawet, L., & Loindong, S. (2016). Pengaruh Merek, Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Eben Haezar Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 367–375

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

Silvina, V. (2021). Pengaruh Merek, Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pembelian smartphone Oppo pada Puja Cell kabupaten Solok Selatan). Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Akuntansi, 2(2), 185–192. Retrieved from https://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka/article/view/85