Perbandingan Logistik Internasional Antara Jasa Pengiriman Pos Indonesia Dengan FedEx Semasa Covid-19
Keywords:
Logistic, Pandemic, Service, Technology, ShippingAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan dasar pandemi Covid-19, menyebabkan nilai globalisasi dan digitalisasi meningkat serta memaksa pelaku usaha untuk melakukan inovasi dalam bisnisnya. Pelaku usaha harus menjaga kualitas layanan agar tidak kehilangan pelanggan serta sukses dalam menjalankan usaha. Khususnya dalam dunia bisnis logistik, kualitas layanan dari perusahaan dapat dinilai dari aspek tarif pengiriman, waktu dan durasi pengiriman, pemanfaatan teknologi serta jangkauan pengiriman. Berdasarkan hasil analisis penulis, terbukti bahwa selama masa pandemi, terjadi penurunan omset dari objek peneliti yaitu Pos Indonesia dan FedEx yang melayani logistik dengan skala internasional. Selain itu, inovasi yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan adalah dengan memanfaatkan teknologi digital dalam bentuk aplikasi untuk memudahkan layanan dari dan ke pelanggan, penjemputan paket yang dilakukan oleh Pos Indonesia langsung ke lokasi pengirim serta efisiensi kerja yang dilakukan oleh FedEx demi mengurangi mobilitas dan potensi penyebaran virus.
References
Andriantoni, N., R Hidayat, W., & Arifin, Z. (2020). Pengaruh GDP Dan Nilai Tukar Negara Mitra Dagang Terhadap Ekspor Karet Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi (JIE), 4(4), 762–776.
Cara Cek Resi Pos Indonesia dan ID Express Online secara Praktis. (2022). https://money.kompas.com/read/2022/01/11/213000726/cara-cek-resi-pos-indonesia-dan-id-express-online-secara-praktis?page=all
Cara Kirim Paket Ke Luar Negeri Estimasi Biaya dan Waktu Pengiriman. (n.d.). Retrieved March 12, 2022, from https://kargo.tech/blog/cara-kirim-paket-keluar-negeri-dengan-mudah/
E-Commerce Diminati, Pengiriman J&T dan FedEx hingga 2,5 Juta per Hari - E-commerce Katadata.co.id. (2021). https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/61164242ac55d/e-commerce-diminati-pengiriman-jt-dan-fedex-hingga-2-5-juta-per-hari
FedEx to Transform Package Tracking with SenseAware ID, the Latest Innovation in FedEx Sensor Technology. (2020). https://newsroom.fedex.com/newsroom/senseaware-id/
Hadapi Lonjakan Pengiriman di Momen Liburan, FedEx…. (2021). https://www.industry.co.id/read/97369/hadapi-lonjakan-pengiriman-di-momen-liburan-fedex-express-perkuat-kapabilitas-e-commerce-di-kawasan-asia-pasifik-timur-tengah-dan-afrika
Hafizha, S., Abdurrahman, & Nuryani, H. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express (Studi Kasus pada Pelanggan J & T Express Cabang Kota Sumbawa Besar). Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 5–7.
Japarianto, E. (2018). Pengaruh Logistics Service Terhadap Customer Retention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Ekspedisi Laut Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 25–32. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.25
Layanan Pengiriman Internasional Ekspres Seluruh Dunia | FedEx Indonesia. (n.d.). Retrieved March 12, 2022, from https://www.fedex.com/id-id/home.html#
Pandemi Corona, Pendapatan Pos Indonesia Justru Melorot. (2020). https://ekonomi.bisnis.com/read/20200514/98/1240405/pandemi-corona-pendapatan-pos-indonesia-justru-melorot
Pos Indonesia. (n.d.). Retrieved March 12, 2022, from https://www.posindonesia.co.id/id
Santoso, A. K., Arifin, R., & Rahman, F. (2016). Pengaruh Web Trace And Tracking, Logistic Service Quality dan Penanganan Komplain Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Layanan JNE Malang). E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 1–12.