Perlakuan Akuntansi Persediaan Bahan Baku, Persediaan Dalam Proses, dan Persediaan Barang Jadi Berdasarkan SAK EMKM Pada UD Teguh Raharjo Ponorogo

Authors

  • yopie diondy kurniawan polieknik negeri madiun
  • Halleina Rejeki Putri Hartono Politeknik Negeri Madiun

Abstract

UD Jenang Teguh Raharjo Ponorogo adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang industri pembuatan makanan khususnya jenang. Jenang Teguh Raharjo beralamatkan di Jalan Wibisono No. 90 Desa Kepatihan Kota, Kabupaten Ponorogo. UD Jenang Teguh Raharjo Ponorogo dalam proses menjalankan usahanya menggunakan persediaan bahan baku, persediaan dalam proses, dan persediaan barang jadi. Perlakuan akuntansi terhadap persediaan secara baik dan benar harus dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Perlakuan akuntansi yang baik dan benar bertujuan untuk mempermudah pekerjaan dalam pengendalian persediaanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perlakuan akuntansi persediaan bahan baku, persediaan dalam proses, dan persediaan barang jadi berdasarkan SAK EMKM. Seluruh data yang telah terkumpul akan dianalisis dan diolah. Penelitian ini menggunakan metode penilaian FIFO (First In First Out) untuk mengetahui harga pokok penjualan seluruh persediaan. Penggunaan metode penilaian FIFO (First In First Out) dipilih karena metode ini sering digunakan. Metode pencatatannya menggunakan metode periodik karena lebih mudah digunakan. Hasil dari penelitian ini adalah menyajikan perlakuan akuntansi persediaan bahan baku, persediaan dalam proses, dan persediaan barang jadi berdasarkan SAK EMKM agar mempermudah pekerjaan perusahaan dalam hal penilaian dan pencatatan persediaannya.

References

Amanda Sambara, T. (2018). Analisis Pengendalian Internal Atas Persediaan Barang Dagang (Studi Kasus di PT. XYZ)”. Universitas Sanata Dharma.

Darwati, A., Slamet, B., & Maimunah, S. (2015). Analisis Perlakuan Akuntansi Atas Persediaan Barang Dagang Terhadap Penyajian Akun Persediaan Pada Koperasi Karyawan Goodyear. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi.

Efendi, R. (2015). Accounting Principles Prinsip – Prinsip Akusntansi Berbasis Sak Etap. Jakarta: Rajawali Pers.

Hama, A. (2017). Perlakuan Akuntansi Persediaan Barang Dagangan Dan Pengaruhnya Terhadap Beban Pokok Penjualan. Jurnal Bisnis Perspektif.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Indonesia, D. S. A. K. I. A. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (2016). Indonesia.

Pujiwidodo, D. (2015). Analisa Perlakuan Akuntansi Persediaan Barang Dagangan Pada PT Tata Busana Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan (MONETER).

Sari, D. I. (2018). Analisis Perhitungan Persediaan dengan Metode FIFO dan Average Pada PT. Harapan. Jurnal Perspektif LPPM Universitas Bina Sarana Informatika.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sumual, M. (2017). Analisis Perlakuan Akuntansi Leasing Dan Pelaporan Nya Pada PT.Astra Sedaya Finance. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Akuntansi.

Suwardjono, T. (2015). Intellectual capital?: perlakuan, pengukuran, dan pelaporan (Sebuah Library Search). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan.

Uno, O., Kalangi, L., & Pusung, R. J. (2019). Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (SAK EMKM) Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Studi Kasus Pada Rumah Karawo Di Kota Gorontalo). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

yopie diondy kurniawan, & Halleina Rejeki Putri Hartono. (2022). Perlakuan Akuntansi Persediaan Bahan Baku, Persediaan Dalam Proses, dan Persediaan Barang Jadi Berdasarkan SAK EMKM Pada UD Teguh Raharjo Ponorogo . Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Akuntansi, 3(1), 454–462. Retrieved from https://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka/article/view/157

Issue

Section

Articles