Efektivitas Teknik Negosiasi Dan Komunikasi Bisnis Pada Marketplace Facebook

Authors

  • Faza Rahmania Rahmania Stie Stembi Bandung
  • Sa'adah Khoeriyah Stie Stembi Bandung
  • Ricky Firmansyah Universitas Ars

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas teknik negosiasi dan komunikasi bisnis pada platfrom facebook di fitur marketplace untuk mendapatkan produk dengan mudah tanpa pergi ke lokasi, sehingga proses negosiasi lebih efektif dan efisien. Dengan berkembangnya teknologi internet, cara berkomunikasi dan negosiasi dalam bidang bisnis mengalami perubahan. Proses komunikasi dan negosiasi dengan memanfaatkan media internet salah satunya dengan menggunakan E-commerce. E-commerce adalah proses jual beli melalui media internet yang mampu mengefisienkan waktu, sehingga relatif lebih mudah. Peran e-commerce memiliki dampak positif, salah satunya pembeli mendapatkan harga yang lebih murah. Beberapa platform perdagangan yang mendukung adalah Lazada, Shopee. Tokopedia serta facebook. Facebook pada awalnya sebagai sarana komunikasi kini mulai mengupgrade dengan menambahkan fitur  pada aplikasinya, yaitu marketplace , yang  penggunanya dapat berkomunikasi sambil berbelanja produk yang di inginkan. Metode dalam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  yaitu dengan menggunakan angket mengenai efektivitas mareketplace facebook di kota bandung. marketplace facebook dapat meningkatkan penjualan pasar sehingga produk mudah terjual serta negosiasi  lebih tepat dan lugas. Penelitian ini mengungkapkan bahwa efektivitas teknik komunikasi dan negosiasi bisnis pada mareketplace facebook cukup mempermudah penggunanya, hal ini terbukti dengan kuisioner yang kami bagikan pada masyarakat bandung. Dari 50 Responden, 40,8% menjawab efektif , 46,9% menjawab lumayan efektif, dan 12,2% menjawab tidak efektif. Maka dalam hal ini, fitur marketplace bisa menjadi sarana dalam mencari produk.

References

Cahya, Agus Dwi, F. A. A. dll. (2021). Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19. Scientific Journal Of Rreflection, Volume 4(3), 503–510.

Dosen, P. (2022). Efektivitas Adalah. Www.Dosenpendidikan.Co.Iddosenpendidikan.Co.Id. https://www.dosenpendidikan.co.id/efektivitas-adalah/

Fachrul Nurhadi, Z. (2017). Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. 1, 90–91. journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/235/295.

Haerunnisa, Ramadhanni, D. K., & Firmansyah, R. (2021). Analisis Strategi Negosiasi Pada Platform Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 29–38.

Konten Jawara. (2020). Apa Itu Teknik? Mengetahui Arti Teknik, Jenis Teknik, dan Contohnya. Www.Jawarakonten.Com. https://jawarakonten.com/dari-mana-keuntungan-penulis-artikel-blog/

Online, B., & Muda, P. (2015). Makna Bisnis Online Bagi Pengusaha Muda Program Studi Ilmu Komunikasi , Universitas Garut. 28–36.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Riyanto, G. (2021). Sejarah Perjalanan Facebook dari Kamar Asrama Menghubungkan Dunia. Www.Kompas.Com. https://amp-kompas-com.cdn.ampproject.org/v/s/amp.kompas.com/tekno/read/2021/03/31/20080017/sejarah-perjalanan-facebook-dari-kamar-asrama-menghubungkan-dunia?amp_gsa=1&amp_js_v=a8&usqp=mq331AQKKA

Riyanto, J. (2020). Analisa Sistem Aplikasi Marketplace Facebook Dalam Pengembangan Dunia Bisnis. 4, 940–946. https://doi.org/10.30865/mib.v4i4.2346

Sumarsan Goh, T., & Sagala, E. (2021). Analisis E-Commerce Berbasis Marketplace Yang Berperan Membantu Wirausaha Pemula Dalam Menjalankan Bisnis. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship and Innovation, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.31960/ijoeei.v1i2.993

Utami, F. I. D. (2017). Efektivitas Komunikasi Negosiasi dalam Bisnis. Komunike, ix(2), 105–122.

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Ilmiah Komputer. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 6(2), 43–48.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Rahmania, F. R., Khoeriyah, S. ., & Firmansyah , R. . (2022). Efektivitas Teknik Negosiasi Dan Komunikasi Bisnis Pada Marketplace Facebook . Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Akuntansi, 3(1), 448–453. Retrieved from https://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka/article/view/153

Issue

Section

Articles