Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) Terhadap Minat Beli pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Kota Bandar Lampung)

Authors

  • Danit Anggi Muninggar Danit UIN Raden Intan Lampung

Keywords:

E-WoM, Minat Beli

Abstract

Menurunnya kunjungan website secara signifikan pada e-commerce Shopee dapat menjadi indikator semakin melemahnya minat beli konsumen Shopee. Hal ini tentu menjadi masalah serius bagi suatu perusahaan e-commerce. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan adanya e-WoM saat ini akan berpengaruh dalam meningkatkan minat beli warga Kota Bandar Lampung pada aplikasi Shopee. Semakin tinggi dan positif upaya dilakukannya review atau e-WoM untuk menarik perhatian di aplikasi Shopee maka semakin tinggi juga minat beli konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandar Lampung dan populasi yang digunakan adalah pengguna aplikasi Shopee. Teknik pengumpulan data yaitu melalui kuisioner dengan sampel sebanyak 68 orang. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan perangkat lunak Smart PLS versi 3.0 diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara E-WoM terhadap minat beli produk pada aplikasi Shopee di Kota Bandar Lampung. Dengan begitu, Shopee dapat meningkatkan strategi pemasaran melalui E-WoM agar kunjungan pada aplikasi Shopee meningkat dan diikuti minat beli konsumen yang meningkat pula.

References

Abdillah, W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Penerbit: CV Andi Offset (Penerbit Andi). In Yogyakarta: Penerbit Andi (Vol. 22).

Durianto, S., Widjaja, A. W., & Supratikno, H. (2003). Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: Erlangga.

Gruen, T. W., Osmonbekov, T., & Czaplewski, A. J. (2006). eWOM: The impact of customer-to-customer online know-how exchange on customer value and loyalty. Journal of Business Research, 59(4). https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2005.10.004

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2012). The Better Approach to Structural Equation Modeling? Long Range Planning.

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet. Journal of Interactive Marketing, 18(1). https://doi.org/10.1002/dir.10073

Kotler, & Keller. (2012). Marketing Management, Edisi 14. New Jersey: In Pearson Education, Inc.

Narimawati, U., & Sarwono, J. (2017). Structural Equation Modelling (SEM); Berbasis Kovarian dengan LISREL dan AMOS untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi. In Selemba Empat.

Reza Jalilvand, M., & Samiei, N. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention. Marketing Intelligence & Planning, 30(4). https://doi.org/10.1108/02634501211231946

Schiffman, L., & Kanuk Leslie, L. (2007). Perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Indeks Prestice Hall.

Sugiono. (2013). Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. In Mode Penelitian Kualitatif (Vol. 5, Issue January).

Suharso, P. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Danit, D. A. M. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) Terhadap Minat Beli pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Kota Bandar Lampung). Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Akuntansi, 3(1), 385–392. Retrieved from https://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka/article/view/140

Issue

Section

Articles