Analisis Peningkatan PDRB Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Ekspor-Impor

Authors

  • Jeri Liani Universitas Internasional Batam, Kota Batam, Indonesia

Keywords:

PDRB

Abstract

Pertumbuhan pembangunan ekonomi PDRB di Provinsi Jawa Barat melalui kegiatan ekspor-impor merupakan gambaran hasil kerja pemerintah dalam mensejahterakan rakyatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan PDRB Provinsi Jawa Barat yang dipengaruhi oleh kegiatan ekspor-impor periode 2019 hingga Juni 2020, dimana data bahan olahan diperoleh dari Badan Pusat Statistika (BPS). Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif.

                Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa neraca perdagangan bulan Juni 2020 berada pada posisi defisit yang merupakan salah satu penyebab turunnya PDRB Provinsi Jawa Barat pada triwulan II, sehingga hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara neraca perdagangan terhadap PDRB suatu daerah atau PDB suatu negara.

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Liani, J. (2021). Analisis Peningkatan PDRB Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Ekspor-Impor. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Akuntansi, 2(1), 105–110. Retrieved from http://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka/article/view/65

Issue

Section

Articles