PENGARUH KEAMANAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEMBELIAN DI SHOPEE

(Studi kasus pada mahasiswa di Yogyakarta yang menggunakan Shopee)

Authors

  • Gilang Purnama Putri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Henny Welsa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Bernadetta Diansepti M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Keamanan, Kemudahan, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keamanan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada pembelian di Shopee. Populasi pada penelitian ini merupakan mahasiswa di Yogyakarta yang menggunakan Shopee untuk melakukan belanja online dengan jumlah sampel sebanyak 130 responden. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu metode pengambilan sampelnya dilakukan dengan beberapa pertimbangan dengan artian sebelum sampel diambil ditentukan dulu batasan sampel seperti apa yang akan diambil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keamanan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian, (2) Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (3) Minat Beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (4) Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, dan (5) Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Dalam uji F diperoleh nilai sebesar 113,242 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka keamanan dan kemudahan secara simultan berpengaruh terhadap minat beli. Dalam uji F diperoleh nilai sebesar 157,380 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka keamanan, kemudahan dan minat beli secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Putri, G. P., Welsa, H., & Diansepti M, B. (2021). PENGARUH KEAMANAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEMBELIAN DI SHOPEE: (Studi kasus pada mahasiswa di Yogyakarta yang menggunakan Shopee). Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Akuntansi, 2(1), 28–32. Retrieved from http://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka/article/view/48

Issue

Section

Articles