Analisis Penerapan Sistem dan Prosedur Pengadaan Persediaan Obat-obatan pada UPT Puskesmas Rawat Inap Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang

Authors

  • Eri Anggreini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Akuntansi Persediaan Obat-obatan pada UPT Puskesmas Rawat Inap Bangun Purba, Kabupaten Deli Sedang. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumen. Penelitian ini meggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif. Penerapan sistem dan prosedur pengadaan persediaan obat-obatan yang dilakukan UPT Puskesmas Rawat Inap Bangun Purba sudah cukup efektif dan efisien karena menggunakan data pendukung sistem dan prosedur akuntansi persediaan, yaitu melibatkan fungsi terkait, jaringan prosedur yang membentuk sistem, informasi yang diperlukan manajemen, dokumen yang digunakan, dan catatan akuntansi yang digunakan secara terstruktur. Namun dalam pencatatan akuntansinya masih dilakukan secara manual.

References

Alfurkaniati et. al. Pengantar Akuntansi 1. Medan: Madenatera, 2017.

Asmaul Mukaromah, et. al., Analisis Sistem Akuntansi Persediaan Obat-Obatan Untuk meningkatkan Efektivitas Pengendalian Intern pada RSUD Kota Madiun,ISSN: 2337-9723, Oktober 2013.

Baridwan, Zaki. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2012.

https://dinkes.deliserdangkab.go.id

Irna Dwi Rahayu, et. al., Analisis Sistem Pengendalian Intern Persediaan Obat di Rumah Sakit Anak Astrini Wonogiri, dalam Jurnal Seminar Nasional IENACO, ISSN: 2337-4349, UIBS 2016.

Karongkong, Kenny Regina, et. al., Penerapan Akuntansi Persediaan Barang Dagang Pada UD. Muda-Mudi Tolitoli, dalam Jurnal Riset Going Concern, 2018.

Mulyadi. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat, 2016.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas.

Sochib. Pengantar Akuntansi 1. Yogyakarta: Budi Utama, 2012.

Suryantini, Ni Luh et. al. “Evaluasi Perencanaan Dan Pengadaan Obat Antibiotik Dengan Menggunakan Analisis ABC Terhadap Nilai Persediaan Di Instalasi Farmasi RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado” Vol 5, No. 2016.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Eri Anggreini. (2022). Analisis Penerapan Sistem dan Prosedur Pengadaan Persediaan Obat-obatan pada UPT Puskesmas Rawat Inap Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang . Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Akuntansi, 3(1), 491–495. Retrieved from https://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka/article/view/164

Issue

Section

Articles