Pengaruh Iklan Dengan Jasa Endorsment Untuk Meningkatkan Minat Beli Masyarakat (Studi Kasus Pada Cafe 1000cc Di Desa Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, Lampung)

Authors

  • Ahmad Solihin UIN Raden Intan Lampung
  • Danu zaki azhar Danu
  • Vicky F Sanjaya, SE.,M.Sc

Keywords:

Iklan, Endorsment, Minat Beli, Pelanggan Cafe 1000cc

Abstract

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula usaha menengan modern, khususnya di bidang kuliner. Beban kerja manusia semakin besar dan membutuhkan banyak waktu untuk bersantai. Kedai kopi  menjadi salah satu pilihan utama para pekerja kantoran atau anak muda  untuk bersantai, menikmati makan atau kopi untuk menghilangkan stres. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui  pengaruh iklan dengan jasa endorsment dan minat beli masyarakat. Metode yang di gunakan adalah instrumen kuesioner, sampel yang digunakan yaitu konsumen di Cafe 1000cc Jl. Sidomulyo Raya, Seloretno, Kec. Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan. Uji statistik yang digunakan adalah Structural Equation modeling berbasing PLS. Uji validitas menggunakan factor loading selanjutnya uji reliabilitas menggunakan nilai Cronbach’c alpha,Composite Reliability dan Average Varian Extracted (AVE). Dengan demikian, semua hasil item indeks yang di gunakan dalam penelitian ini valid dan reliabel. Dengan demikian, hasil uji hipotesis menunjukan bahwa iklan dengan menggunakan jasa endorsment signifikan terhadap minatbeli masyarakat.

References

Alim, A. S., & Budiarti, E. (2021). Peran Iklan Televisi Dan Celebrity Endorsement Pond’s Terhadap Purchase Intention. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1).

Anggraeni, M., & Asnawati, A. (2018, March). Pengaruh celebrity endorsement terhadap purchase intention dengan brand image sebagai variabel intervening (studi kasus iklan produk perawatan kecantikan wardah). In Prosiding SNMEB (Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi Bisnis).

Chandra, C. (2016). Sikap Masyarakat Surabaya Dalam Penggunaan Rio Dewanto Sebagai Celebrity Endorser Iklan Pond’s Men Versi Pollution out. Jurnal e-Komunikasi, 4(1).

Herdaningtyas, G., & Iriani, F. (2017, June). Pengaruh Iklan dan Penggunaan Selebritas dalam Iklan terhadap Minat Beli Produk Melalui Kesadaran Merek sebagai Variabel Intervening. In Seminar Ekonomi dan Bisnis (SNEBIS) (Vol. 1, No. 1).

Wulandari, S. A. (2017). Pengaruh penggunaan endorsement terhadap omzet penjualan usaha online shop di Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Yusuf, K. K., & Pradekso, T. (2021). Pengaruh Terpaan Iklan dan Terpaan Konten Celebrity Endorsement Terhadap Minat Menggunakan Jasa Go-Food (Melalui Brand Attitude). Interaksi Online, 9(3), 217-229.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Solihin, A. ., Danu, D. zaki azhar, & Vicky F Sanjaya, SE.,M.Sc. (2022). Pengaruh Iklan Dengan Jasa Endorsment Untuk Meningkatkan Minat Beli Masyarakat (Studi Kasus Pada Cafe 1000cc Di Desa Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, Lampung). Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Akuntansi, 3(1), 372–376. Retrieved from https://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka/article/view/138

Issue

Section

Articles