Analisis Pemahaman Pegawai Dalam Menerapkan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan (Studi Kasus Kabupaten Padang Lawas Utara)

ANALISIS PEMAHAMAN PEGAWAI DALAM MENERAPKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) KEUANGAN

Authors

  • Fitri Maharani Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Juliana Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Akuntansi, Aplikasi, Keuangan,Proses, dan Pemahaman

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui penerapan dan pemahaman para pegawai terhadap SIMDA keuangan sebagai sistem informasi akntansi daerah dapat mempermudah tugas baik pelaporan dan pengelolaan laporan keuangan daerah, pengendalian intern sistem yang di terapkan guna mencapai tujuan dan cakupan analisa kualitas informasi yang dihasilkan oleh sistem tersebut pada Badan Pengelolaan keuangan dan pendapatan Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara. Pemahaman pegawai pada SIMDA keuangan sangat penting karena untuk menyelesaikan setiap pekerjaan seperti dalam penyusunan anggaran, penatausahaan dan akuntansi pelaporan. Dalam penelitian tersebut akan membahas tentang  bagaimana pemahaman pegawai terhadap SIMDA keuangan di kabupaten padang Lawas Utara dengan bertanya langsung kepada beberapa pegawai yang bekerja di dinas kabupaten Padang Lawas Utara.

References

Lindawti dan indah salamah,(2012) ‘pemanfaatan system informasi dan teknologi pengaruhnya terhadap kinerja individual” jurnal Akuntansi dan bisnis, (vol.14 No.1)

Edi yanto dan Akfir, (2019) ”Analisis penerapan system informasi manajemen keuangan daerah (SIMDA) keuangan” Indonesian of strategis management,( vol.3 No.1)

Trivena Anastasia,et.al,(2017) “Analisis penerapan system informasi manajemen daerah (simda0 keuangan pada badan keuangan dan asset daerah Maluku Utara” dalam jurnal Riset Akuntansi going concern,( vol.12 No.2)

Sri Maulidiah,(2017) “penyelenggaraan pengelolaan keuangan daerah pada pemerintah daerah provinsi Riau” jurnal pemerintah,politik dan Birokrasi (vol.lll No.2)

Anwar et,al, (2017) Aplikasi system informasi manajemen bagi pemerintahan do era otonomi daerah SIMDA, Yogyakarta:pustaka belajar

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) 2018 Program aplikasi SIMDA

Novia Citra Dewi, (2018) “Analisis penerapan system informasi manajemen derah (SIMDA) keuangan pada kota Pariaman” jurnal lembaga keuangan dan perbankan,( vol.3 No.1)

Yudha pratama et,al (2016) “Evaliuasi penerapan system informasi manajemen daerah (SIMDA) pada biro keuangan secretariat provinsi kalimantan timur” jurnal administrative reform (vol.4 No.2)

Sutanta, (2003), system informasi manajemen Derah,(Yogyakarta : Graha ilmu)

Ni Marlita dan Ida Bagus, (2014)” pengaruh efektivitas penerapan system informasi akuntansi, pemanfaatan dan kesesuaian tugas pada kinerja karyawan” jurnal Akuntansi.( Vol.9 No.2)

Darea, D.W.,dan Elim,(2015) “evaluasi penerapan system informasi manajemen daerah (SIMDA) keuangan pada DPPKA” jurnal EMBA,Riser Ekonomi, ,Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. (vol.3 No. 2)

Mentari yosephen et,al (2012) “analisis kinerja keuangan serta kemampuan keuangan pemerintah daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah” jurnal administrasi puplik,( vol.2, No.2)

Ritno H. Rondonuwu,(2015) “Analisis efesiens dan efektivitas pengelolaan keuangan daerah pada dinas pendapatan daerah kab. Minahasa” jurnal EMBA, (vol.3 No.4 )

Nyoman Agus putrawan,et,al (2017) ”Analisis efektivitas system informasi manajemen daerah (SIMDA) pemrintah kab.Gianyar” jurnal ekonomi dan bisnis (vol.6 No.4)

Halens ryanlie,(2016) “ Analisis implementasi system inforasi manajemen daerah (SIMDA) terhadap kualitas laporan keuangan SKPD” Jurnal manajemen keuangan daerah (vol.1 No.2 )

Novia Citra Dewi, (2018) “Analisis penerapan system informasi manajemen derah (SIMDA) keuangan pada kota Pariaman” jurnal lembaga keuangan dan perbankan,( vol.3 No.1)

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

Fitri Maharani Ritonga, & Juliana Nasution. (2021). Analisis Pemahaman Pegawai Dalam Menerapkan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan (Studi Kasus Kabupaten Padang Lawas Utara): ANALISIS PEMAHAMAN PEGAWAI DALAM MENERAPKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) KEUANGAN. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Akuntansi, 2(2), 267–271. Retrieved from https://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka/article/view/112